Pembuktian Kaki Termahal di Dunia

Minggu, 15 Februari 2009

IDEF0

IDEF0 (Integration DEFinition language 0) merupakan bahasa pemodelan yang menggunakan gambar dengan disertai penjelasan yang komprehensif untuk menjelaskan tahapan/ metodologi pengembangan dari suatu sistem. Sistem dimodelkan sebagai kumpulan fungsi-fungsi yang saling berkaitan satu dengan yang lain untuk membentuk suatu fungsi utama. Fungsi-fungsi tersebut menjelaskan apa yang dikerjakan oleh sistem, sehingga apa saja yang mengontrol, memproses, diproses, dan dihasilkan oleh sistem tersebut dapat diketahui.

Building blocks adalah komponen penyusun system yang digambarkan dalam model. Building blocks ada dua macam, yaitu:

a. Aktivitas, yaitu komponen suatu sistem yang menjalankan atau melakukan suatu tindakan .

b. ICOM, yaitu komponen suatu sistem yang dipergunakan oleh suatu aktivitas.

ICOM terdiri dari :

1. Input : sesuatu yang ditransformasikan oleh suatu aktivitas.

2. Control : sesuatu yang menentukan bagaimana suatu aktivitas terjadi tetapi tidak ditransformasikan olehnya.

3. Output : sesuatu yang dihasilkan oleh aktivitas

4. Mechanism : orang, fasilitas, mesin, atau lainnya yang menjalankan aktivitas.

IDEF0 memandang suatu sistem sebagai sesuatu yang terdiri dari kumpulan aktivitas yang menggunakan ICOM – ICOM untuk mewujudkan tugas – tugasnya. Aktivitas dan ICOM merupakan komponen penyusun sistem yang harus diidentifikasi dalam pembentukan model. Dengan kata lain, model dari suatu sisten dengan menggunakan metode IDEF0 adalah merupakan pengambaran aktivitas dan ICOM suatu sistem.

Penggambaran model dalam IDEF0 dilakukan secara bertingkat (hirarkis) mulai dari aktivitas umum sampai rinciannya.Pada tingkat tertinggi disebut Context Page yang berisi satu aktivitas yang menunjukkan seluruh sistem sebagai satu aktivitas dan memperlihatkan pula interface sistem dengan lingkungannya. Context Diagram juga biasa disebut Diagram A0 atau Parent Diagram.

Pada tingkatan berikutnya dibuat Decomposition Page atau Child Diagram yang merupakan rincian lebih jauh dari sistem. Setiap penjabaran dalam Decomposition Page dinamakan Diagram A1,Diagram A2, Diagram A3, … Diagram A11, Diagram A22, dan seterusnya. Setiap ICOM yang muncul pada suatu Parent Diagram akan dirinci pada child diagram. Child Diagram akan terus dibentuk sampai tingkatan di mana proses berbentuk algoritma pengerjaan aktivitas tersebut.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau boleh tahu ini sumbernya dari mana ya ?